Komunikasi Nonverbal Anda Tak Bisa Dibohongi


Kita sebagai manusia tak bisa menghindari berkomunikasi. Tentu hal ini berlaku juga kepada jin, binatang, tumbuh-tumbuhan dll. Sikap diam, pun termasuk berkomunikasi. Tentu anda akan mengatakan bahwa Komunikasi mempunyai peran sangat penting untuk bisa bergaul dalam masyarakat, dan itu adalah sebuah tuntutan yang tak bisa dihindari, mengingat kita (manusia) merupakan makhluk sosial.

Ilmu Komunikasi bukan sekadar disiplin ilmu pengetahuan, namun sekaligus seni bergaul. Agar dapat berkomunikasi efektif, anda dituntut tidak hanya memahami prosesnya, tetapi juga mampu menerapkan pengetahuan secara kreatif. Menurut Kincaid dan Schram, bahwa kemampuan untuk berkomunikasi efektif bukan bawaan. Melainkan bisa dipelajari. Komunikasi efektif adalah kemampuan berkomunikasi di mana makna distimulasikan serupa dengan maksud penyampai pesan (communicator). Inilah yang dimaksud proses komunikasi hingga hubungan berjalan dengan komunikatif.

Dalam berkomunikasi dapat berbentuk verbal maupun nonverbal. Komunikasi verbal merupakan komunikasi berupa kata-kata, sedangkan komunikasi nonverbal berbentuk bukan kata-kata. Menurut Rogers ada 7 jenis komunikasi nonverbal yaitu gerakan tubuh, jarak, waktu, sentuhan, suara, artifak dan penampilan. Semua itu memberikan simbol berkomunikasi meskipun anda tak mengucapkan sepatah kata pun, atau malah diam seribu bahasa.

Komunikasi nonverbal sulit bahkan tak bisa dibohongi. Misalnya anda berbohong dengan kata-kata, namun anda tak bisa menutupi gerakan tubuh, ekspresi wajah pada diri anda. Bahkan komunikasi nonverbal bisa mengefektifkan pesan-pesan yang disampaikan karena kemampuan nonverbal bisa jadi faktor penting penyebab keberhasilan komunikasinya.

Beberapa hari yang lalu ada peristiwa sangat penting di Senayan, Jakarta. Yaitu pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih di negeri tercinta ini (SBY-Budiono). Pelantikan yang dipimpin langsung oleh ketua MPR terbaru, Taufik Kiemas, kader PDI Perjuangan. Nah, dalam peristiwa penting itu, mantan presiden Megawati Soekarno Putri tidak hadir, padahal yang memimpin pelantikan adalah sang suami tercinta. Dari sikap itu Megawati mengkomunikasikan bahwa PDI Perjuangan menjadi partai oposisi (meskipun tak 100%) meskipun juga ia tak memproklamirkan diri partainya sebagai partai oposisi, maka anda jangan repot-repot mengorek keterangan apakah PDI Perjuangan termasuk partai oposisi atau koalisi.

Di lain kasus, seperti halnya anda yang tengah menyembunyikan perasaan cinta terhadap seorang pria dengan berbohong seribu kata bahwa anda tidak sedang jatuh hati (falling in love) namun setiap langkah anda selalu tersenyum ria, sering melamun, suka menyendiri, sering menyebut namanya dll. Maka jangan sekali-kali membohongi teman anda yang sedang menanyakan kondisi anda.

Begitu juga saat anda sedang jatuh cinta kepada seorang wanita, tentu anda akan melakukan usaha apapun termasuk mandi kembang tengah malam di sendang (kuburan) kalau itu memang harus dilakukan dan membuat dia senang. Upaya-upaya seperti mengirim sms kepada sang pujaan hati tapi tak dibalas, selalu tersenyum manis di depan dia tapi dibalas dengan bibir terkunci rapat, menanyakan kabar dia tapi tak direspon dan mengajak dia makan malam tapi tak mau dengan alasan macam-macam. Maka jangan sekali-kali “menembak” wanita pujaan hati anda itu, kalau tak mau menangis darah dan patah hati seumur hidup anda.

Dilihat melalui komunikasi nonverbal, anda tak bisa bersembunyi dari sebuah kebenaran. Melalui intonasi suara, gerakan tubuh, senyum, ekspresi wajah, pakaian, penampilan rambut dll akan mengatakan bahwa komunikasi nonverbal akan menunjukan siapa diri anda.

Melalui retorika bahasa anda akan mudah mengidentifikasi antara orang berpendidikan tinggi atau rendah, melalui intonasi suara anda akan mudah mengidentifikasi bahwa orang itu marah atau tidak. Melalui ekspresi wajah anda akan mudah mengidentifikasi bahwa orang itu berbohong atau jujur. Semua itu bisa anda ketahui melalui komunikasi nonverbal. Maka dengan belajar komunikasi nonverbal anda bisa menjadi penebak jitu atau peramal (kalau tak mau dikatakan dukun). Sesuatu yang sudah jelas, berarti tak perlu ditanyakan lagi apalagi dikorek-korek kebenarannya. Karena anda diam pun itu sudah berkomunikasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s