Mat, Penemu WordPress


images8Siapa yang mengira pencipta WordPress yang dikenal akrab sebagai penyedia blog paling progresif ini, HASIL karya dari Matthew Charles Mulleneg. Ia dilahirkan pada 11 Januari 1984 di Houston, Texas, Amerika Serikat. Melalui hasil karyanya ini, wordpress digunakan pada tahun 2008 lebih dari 230 juta pengakses tetap dengan 6,5 Milyar halaman wordpress. Mat, nama panggilannya, dalam menciptakan blog ini juga mengalami jatuh bangun, pada akhirnya kita bisa melihat hasil kerja kerasnya untuk didedikasikan kepada siapapun tanpa dipungut biaya. Nama ”wordpress” ternyata tidak dilatar belakangi oleh diri Mat, mengingat ia konsen di bidang politik, Mat bukan seorang jurnalis atau yang berhubungan dengan dunia tulis menulis, bahkan Mat juga bukan dari jurusan Ilmu Komputer. Walaupun begitu, dia bisa berhasil menciptakan wordpress yang progresif karena ketekunan dan keuletannya.

Lantas apa relevasinya dengan negeri ini? Indonesia menjadi bahasa ketiga dari pengguna wordpress, situs Alexa mencatat, 280.000 blog wordpress menggunakan bahasa kita. Dari latar belakang inilah Mat berkunjung ke Indonesia atas rasa hormatnya kepada pengguna wordpress terbesar ketiga setelah Spanyol.

ManfaatngeBlog
Dunia blog tentunya tidak semua kalangan mengenalnya, bagi mereka yang mengetahui dan memanfaatkannya, kemungkinan besar akan mendapatkan manfaatnya baik secara material maupun immaterial. Terutama bagi mereka yang suka menulis, munculnya blog menjadi angin segar untuk mewadahi kreatifitas dalam dunia tulis menulis. Selain itu juga memberikan kontribusi keilmuan khususnya untuk khalayak yang sering mengakses internet. Tidak sedikit blog juga digunakan sebagai alat untuk menghasilkan uang, adapun beraneka ragam cara seperti menjual produk, menjual setingan blog dll.

WordPress merupakan salah satu blog-blog terkenal lainya seperti blogspot, multiply, Livejournal, Move able Type dan Type pad. Kita bisa menggunakan salah satu dari sekian banyak fasilitas blog di atas. Dengan mempunyai blog, kita bisa mencurahkan baik dalam bentuk tulisan maupun gambar. Banyak dari mereka, blog digunakan sebagai dokumentasi pribadi, mengingat keamanan data dari kehilangan. Tetapi tulisan atau data yang sudah kita posting ke blog, secara otomatis seluruh pengakses internet berpotensi bisa memanfaatkannya sesuai dengan keperlunya masing-masing, dan sudah menjadi milik umum.

Blog dianggap sebagai media komunikasi alternatif karena masih gratis sehingga siapapun dapat memilikinya. Melalui blog maka setiap individu atau kelompok dapat menyebarkan gagasan. Blog membuat setiap orang menjadi wartawan karena dapat menyajikan apa yang mereka ketahui dan yang mereka alami tanpa batas kendali maupun sensor, serta blog dapat dijadikan media informasi alternatif di luar media massa. Jika media massa masih terikat tata krama atau kode etik jurnalistik, maka blog terlepas dari hal demikian. Lebih dari itu dengan blogpun kita dapat mengetahui informasi tentang kejadian di sebuah negara. Tak jarang Media massa pun terkadang menjadikan blog sebagai sumber berita.

Menulis di blog setidaknya bersifat ilmiah, mengingat blog sebagai media massa yang dikonsumsi oleh khalayak luas tanpa batas. Dengan begitu kita memberikan kontribusi keilmuan kepada publik maupun kepada diri kita sendiri. Tidak sedikit, media satu ini juga dimanfaatkan orang yang iseng, mereka tidak memberikan kontribusi positif tetapi justru content negatif, tidak menutup kemungkinan mempengaruhi khalayak untuk bertindak negatif sesuai harapan mereka.

Terlepas manfaat positif maupun negatif, itu sudah menjadi konskuensi dari media massa seperti wordpress. Tentunya kita wajib melontarkan rasa terima kasih tak terhingga kepada saudara Mat yang telah menciptakan wordpress secara gratis. Semoga bermanfaat untuk diri kita, diri anda dan untuk bangsa. Selamat ngeBog!!

Rosit
Blogger

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s