MULTATULI


pam-rueter170Siapakah sebenarnya Multatuli? bagi rakyat Indonesia orang yang menamakan dirinya Multatuli tentunya tidak asing lagi. Multatuli yang nama aslinya Dowes Dekker dilahirkan 1820 di Amsterdam. Ia seorang pejuang sejati tanpa pandang bulu. Tokoh seperti Sukarno pun sering menyebut-nyebut nama Multatuli. Arti Multatuli ialah orang yang banyak menderita

Multatuli datang ke Hindia Belanda (sekarang indonesia) bersama kaum kolonial yang lainnya. Mereka datang untuk mengambil hasil bumi yang melimpah ruah di Negeri yang kaya sumber daya alam ini. Ia mulanya bekerja menjadi clerk (juru tulis) dipemerintahan Hindia belanda. Sosok yang membela kebenaran ini bekerja dari satu tempat ketempat yang lain. Puncaknya ia menjabat asisten residen Lebak. Di saat menjabat pegawai di Lebak, Multatuli menyaksikan pandangan yang sangat menyedihkan, dimana kaum bumiputra diwajibkan kerja tanam paksa oleh pemerintahan Hindia-Belanda. Penghisapan, penyiksaan, dan pembunuhan disaksikan Multatuli didepan matanya. Bahkan kaumbumi putra yang menjabat pemerintahan sebagian menjadi antek kaum kolonial. Mereka ikut menyiksa terhadap sesamanya. Melihat peristiwa yang menyedihkan itu Multatuli berontak dan berjuang untuk membebaskan ketidakadilan yang dilakukan oleh pemerintah Hindia-Belanda terhadap kaum bumiputra.

Pada awalya Multatuli melaporkan kelakuan ketidakadilan itu baik dari kolonial maupun pejabat bumiputra pada pemerintahan pusat. Tetapi yang terjadi justru tidak digubris oleh pemerintahan pusat, bahkan Multatuli dituduh memfitnah kaum kolonial. Kaum bumiputra yang tidak mempunyai otoritas dan kekuatan hanya pasrah dan menuruti kebijakan-kebijakan terhadap bumiputra. Mereka tidak tahu harus berbuat apa, selain mengikuti kaum kolonial. Sedangkan petinggi dari kaum bumiputra yang seharusnya membela mereka, ternyata bertindak lebih kejam dari pada kaum kolonial itu sendiri. Disaat kondisi tidak menentu, Multatuli memilih mengundurkan diri dari jabatannya. Pejuang sejati itu tidak betah dengan kekerasan, penyiksaan, dan pembunuhan yang dilakukan oleh kaumnya sendiri. Ia rela hidup miskin demi perjuangannya melawan ketidakadilan, segala macam tindakan dan aduan ternyata tidak juga menghasilkan. Tetapi tokoh ini tidak pesimis untuk meneriakkan kata keadilan terhadap kaum kolonial. Ia lalu menghunus pena, mengerahkan kata, mencoba menggugah kesadaran orang banyak. Maka ditulisnya sebuah Roman yang berjudul Max Havelaar yang pertamakali terbit pada tahun 1860. Melalui karya sastra ini, ia membongkar praktek eksploitasi penguasa kolonial atas rakyat bumi puta, menguliti mentalitas kelas menengah belanda serta menyerukan keadilan.

Kesaksian multatuli terhadap penindasan tidak bisa kita lupakan begitu saja.527852163zfaxfh_ph1 Multatuli adalah pahlawan kesepian dimana tidak ada seorang pun berani meneriakkan kebenaran saat itu meskipun demikian Ia lantang dan rela mati demi rakyat bumiputra. Tak heran para pahlawan kita menyebut-nyebut nama Dowes Dekker yang tak lain ialah Multatuli.
Saat ini kita perlu sosok seperti Multatuli untuk berjuang melawan ketidak adilan di Negeri ini. Mengingat Indonesia masih mempunyai krisis moral dari para pejabat kita. Korupsi dan penyuapan masih menjadi rutinitas di Negeri ini. Rakyat membutuhkan tokoh yang meneriakkan keadilan didalam segala bidang kehidupan. Sebetulnya sudah ada beberapa tokoh yang telah berjuang melawan ketidakadilan di Negeri ini. Tetapi apa yang terjadi, justru mereka dibungkam, disingkirkan bahkan dibunuh supaya tidak membongkar borok yang sudah lama terpendam. Peristiwa seperti ini tentu menjadikan hati rakyat terluka bahkan bisa putus asa. Terbunuhnya aktivis HAM Munir tidak lepas dari sosok Munir yang lantang meneriakkan kata keadilan di Negeri ini. Bahkan proses hukum terhadap terbunuhnya Munir sampai saat ini masih belum pasti. Kita berharap walaupun Multatuli maupun Munir sudah meninggal tetapi sepirit perjuangan akan diwarisi oleh pahlawan saat ini.

ROSIT

2 thoughts on “MULTATULI

  1. Sangt menarik. Jk seorg Londo sj rela khdupany yg sjhtra trgadai oleh rs welas asihoy kpd bmputra. Knp kt yg sorg bumi putra msh tega mmprlaqkn mrk dgn brbgai mcm aoiaya?

  2. orang yg barjasa sekali dalam kemerdekaan indonesia dari panjajahan inggris dalam sistem tanam paksa oleh van den boch…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s