MENYIMAK IKLAN POLITIK PRABOWO


prabowo_subiyanto

Tidak diragukan lagi iklan politik melalui media mempunyai kekuatan yang maha dahsat. Bahkan media hanya membutuhkan waktu ±5 detik untuk membuat nama seseorang menjadi tenar. Begitu juga sebaliknya media tidak membuthkan waktu lama untuk menjungkir balikkan nama yang sudah mapan sekalipun. Dalam sistem demokrasi, media menjadi pilar yang kelima. Media menjadi sarana yang ikut mempengaruhi sekaligus menjaga eksistensi demokrasi. Media mempunyai jangkauan yang sangat luas terhadap kehidupan publik. Apalagi mendekati pemilu 2009, para politisi atau kandidat media menjadi alat strategis dalam mengkampanyekan visi dan misinya.

Iklan-iklan politik di media khususnya televisi begitu diminati para kompetitor dalam merebutkan kursi presiden pada pemilu mendatang sebut saja kandidat seperti Prabowo Subianto, Rizal malarangeng, Wiranto, Sutrisno Bachir dll sudah pasang start beriklan di televisi saat-saat ini. Dari sekan kandidat yang sudah memasang iklan politiknya di televisi, ternyata prabowo menurut Lembaga Survei Indonesia (LSI) menempati rangking pertama dengan meraih 51 % mengalahkan iklan politik dari kandidat yang lain

Prabowo begitu gencarnya meyakinkan publik dengan mengusung tema kemandirian bangsa, ketahanan pangan, dan ekonomi pertanian melalui iklan politiknya. Nampaknya menantu almarhum mantan presiden Suharto ini sudah siap berjuang sampai titik darah penghabisan untuk menempati orang nomer satu di negeri ini. Pasalnya, dalam pemilu sebelumnya terpilihnya SBY turut menjadi analisa para kandidat presiden dalam menyambut pemilu mendatang. Dalam pemilu 2004, SBY salah satu kandidat yang diuntungkan oleh situasi dan kondisi waktu itu apalagi orang nomer satu di negeri ini juga sering membangun citra melalui media. Kandidat lain, Wiranto dalam pemilu 2004 pernah menyatakan bahwa dirinya 80 % dipublikasikan lewat media, hanya 20 % saja bertatap muka secara langsung dengan publik. Tentunya langkah-langkah yang diambil para kandidat termasuk prabowo rasanya tepat sekali mempublikasikan dan mensosialisasikan dirinya melalui media.

Iklan Politik Prabowo

Prabowo yang sebelumnya kurang populer di mata rakyat, bahkan tidak masuk kategori tokoh yang diperhitungkan dalam konstelasi politik Indonesia ternyata melalui iklan-iklan politiknya begitu mudahnya merubah kondisi menjadi calon yang diperhitungkan bahkan bisa disetarakan dengan SBY dan Megawati. Dalam iklan politiknya Prabowo mengerti betul terhadap kebutuhan-kebutuhan dasar rakyat indonesia. Menurut pakar komunikasi politik UI Efendi Gazali “ hanya iklan politik Prabowo yang mudah dipahami dan mengena di hati rakyat Indonesia dibandingkan dengan iklan politik dari kandidat lainnya. Menurut dosen Pasca Komunikasi Politik UI ini, Prabowo dengan iklan politiknya menduduki peringkat teratas di antara iklan politik dari kandidat lainnya.

Di dalam iklan politik probowo seolah-olah menunjukan kepedulian terhadap nasib wong cilik. Hal ini dibuktikan tampilan iklan plitik prabowo ikut serta terjun bersama petani di ladangnya. Tema-tema iklannya juga tepat sasaran sesuai seperti menurunkan harga sembago, menggalakan pasar radisional, dan membudidayakan hasil-hasil bumi maupun laut mengingat mata pencarian rakyat indonesia 70% di bidang pertanian. Prabowo sudah bisa mengambil hati rakyat kecil melalui iklan-iklan politiknya, layaknya iklan jamu yang secara terus menerus menghiasi media layar kaca kita, membuat publik terangsang untuk mengkonsumsi iklan tersebut. Begitu juga dengan Prabowo, tetap teguh dan terus menghiasi layar kaca kita dengan iklan-iklannya tanpa hambatan sedikitpun walaupun krisis global menerjang negeri tercinta ini sedangkan sebagian kandidat lainnya sudah kelimpungan ikut lumpuh diterpa badai kisis global.

Sampai saat ini kita masih menyimak iklan politiknya prabowo. Apakah benar-benar sighnifikan sampai kursi kepresidenan. Atau hanya sekedar hiasan pada media kita semata. Minimal iklan politiknya menjadi ajang publikasi tahap awal dalam meraih orang nomer satu di negeri ini. Tidak menutup kemungkinan pemilu berikutnya lagi, rakyat sudah familiar betul terhadap Prabowo Subianto dengan partai Geirindranya. Dan kita berharap iklan-iklan politik di layar kaca kita yang menghiasi setiap harinya tidak hanya sekedar retorika kandidat semata, tetapi benar-benar mereka bisa menepati janjinya sesuai iklan politiknya.

ROSIT

 

One thought on “MENYIMAK IKLAN POLITIK PRABOWO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s