Selamat Bung Obama!


images

Tahun ini tentunya menjadi waktu bersejarah bagi dunia khususnya di Amerika Serikat. Bagaimana tidak, sepanjang perjalanan Amerika Serikat baru kali ini terpilih seorang presiden dari kulit hitam. Dengan simbol Change, we need, kita berharap tidak hanya retorika belaka, tetapi akan menjadi tidakan nyata dalam melakukan perubahan sesuai yang diingikan dunia.

Berakhirlah perang, kekerasan, dan rasisme di dunia ini. Timbulah kedamaian, toleransi dan tentunya kehidupan ekonomi yang lebih baik. Selama 2 periode dunia tidak akan pernah melupakanya, karena pada masa itu Gorge W Bush, penjahat perang sudah melanggar hak asasi manusia dan cukup sekian dunia yang penuh dengan darah.

Terpilihnya obama berarti matinya rasisme di negara adidaya itu. Mulai sekarang tidak ada kata hitam dan putih atau islam dan terorism. Dunia mengharapkan ada perubahan yang mendasar di Amerika, karena negara satu itu bisa mempengaruhi seluruh tatanan negara-negara di dunia khususnya di Indonesia. Barack obama yang pernah tinggal beberapa tahun di Indonesia dan di situ juga dididik ala budaya ketimuran tentunya akan semakin bijak dalam mengambil policy.

Kita tidak bisa membayangkan, seandainya Mc Cain terpilih menjadi presiden, kemungkinan kita tidak akan banyak berharap dari dia. Tentu kebijakan-kebijakanya meneruskan mantan Presiden Bush. Dengan terpilihnya presiden baru ini, indonesia ikut bangga dan diharapkan Irak akan segera membaik.

Kemengan Obama

Kemenangan obama tidak hanya dilatar belakangi oleh sosok obama dari kulit hitam saja, tetapi juga Bush yang selama ini memerintah dengan tangan besi dan melakukan bohong besar atas nama terorism justru memberikan sumbangsih buat terpilihnya obama. Bush lengser dari gedung putih dengan meninggalkan krisis finansial dan kepemimpinan itu berarti bush berakhir dengan su’ul khotimah (berakhir tidak baik). Bush sekarang tinggal namanya saja, kekuasaan, kekuatan dan kebijakannya sudah hilang. Bahkan bush dijauhi oleh partainya sendiri. Imbas dari keburukan Bush akhirnya sangat berpengaruh terhadap pencalonanya Mc Cain. Matan kandidat itu bersuarapun penuh dengan beban karena ulah Bush sehingga warga Amerika tidak mengamanatkan lagi gedung putih didudukinya.

Kemenangan obama juga tidak lepas dari peran media yang selalu menampilkan sosok obama pembawa perubahan. jika dibandingkan dengan MC Cain, obama selalu ditampilkan sebagai karakter pemimpin masa depan daripada MC cain yang selalu ditampilkan sebagai penerus Bush. Jajak pendapat media-media barat selalu menampilkan obama di level atas. Baik itu media barat maupun media luar.

Sementara obama dengan jiwa mudanya diharapkan membawa perubahan sesuai janji yang telah dilontarkan pada saat kampanye. Laki-laki alumnus Universitas bergengsi, Harvard betul-betul membawa angin segar bagi dunia. Paling tidak kematian rasisme di negara yang selalu mengobarkan angin demokrasi itu terwujud

Obama Effect

Obama tidak hanya merubah arah peta politik Amerika serikat, tetapi bagi negara-negara di dunia khususnya Indonesia dengan mulculnya sosok obama mempunyai pengaruh kuat bagi kepemimpinan muda di negara kita. Semangat muda inilah yang menggerakan munculnya tokoh-tokoh muda ikut andil dalam meraih kursi istana. Bahkan terlempar isu anti pilitisi tua. Semangat inilah yang kita nanti-nantikan selama ini. Bagaimana tidak, selama puluhan tahun kepemimpinan tua tidak bisa membuktikan kapasitasnya sebagai seorang kepala negara. Saat inilah kaum muda bergerak ikut menyumbangkan tenaga dan pemikiran untuk melakukan perubahan di negeri tercinta ini.hal ini jangan dimaknai dengan rasism atau anti pemimpin tua, tetapi seharusnya calon-calon dari pemimpin tua memikirkan kaum muda atau setidaknya memberikan kesempatan kepada kaum muda. Sudah waktunya mereka sadar diri atau setidaknya melakukan kaderisasi terhadap kaum muda. Bagaimanapun kaum muda adalah harapan bangsa kedepan.

Ternyata obama begitu berpengaruh membentuk dan melahirkan kepemimpinan kepemimpinan muda dan sampai kapanpun Obama effect akan dikenang sepanjang masa. Hidup obama! Dunia mengharapkan kata-kata Change yang sering terlontar dari mulutmu terbukti.

 

ROSIT 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s