Ada Di Balik Cerita


dps-bali-kuta-beach-b1Tiga minggu yang lalu, tepatnya tanggal 8 februari 2008 saya dengan teman-teman bertamasya ke Bali yang sekian lama memberikan rasa ingin tahu seperti apakah tempat yang dijuluki pulau dewata itu. Posisi saya kebetulan di Pare, Jawa Timur dan tidak terlalu jauh di bandingkan kalau aku berangkat dari rumah (sragen), akhirnya aku putuskan untuk pergi ke Bali bersama teman-teman yang ikut kursus di Havard walaupun keikutsertaanku ada sedikit paksaan dari teman-teman.

Ke Bali kita tidak murni bertamasya, karena setiap member harus mempraktekan bahasa Ingris yang sekian lama di dapatkan dari tempat kursus. Ada beberapa tempat tujuan kami, seperti pantai Sanur, Nusa Dua, Tanah Lot dan Kute. Hanya di Kute saja kita di persilahkan untuk berbicara sama para Bule. Setelah hampir satu jam kita praktek, kita bincang-bincang sesuai yang kita bicarakan sama para Bule. kebetulan saya sharing sama Muslih, salah satu teman-teman saya dan ia pernah kuliah di Universitas mulawarman, jurusan SOSPOL dan mantan lurah di Desanya (kutai). Ia menceritakan telah berbincang-bincang dengan seorang Turis yang berasal dari Amerika, kalau teman-teman yang lain menurut saya biasa-biasa saja, tetapi teman saya yang satu ini sangat menarik. Ia bicara dengan seorang Bule tentang kandidat presiden Amerika antara Hilary Clinton dengan Barack Obama, meskipun si Bule bersikap netral antara kedua kandidat yang sering di angkat media itu.

Setelah mendengar ceritanya saya menjadi tertarik untuk untuk berargumen tentang kedua kandidat presiden Amerika yang sama-sama dari partai demokrat itu. jika salah satu dari kedua kandidat itu menjadi presiden Amerika, tentunya hal ini menjadi keunikan presiden Amerika periode ini dari sekian presiden Amerika yang terdahulu. misalnya Hilari sendainya memenangkan pemilu, Ia akan menjadi presiden pertama wanita di negara adidaya itu begitu juga dengan Barack Obama, kalau memenangkan pemilu akan menjadi presiden dari kulit hitam yang pertama kali juga.

Sepak terjang Hilary dengan melihat pengalaman karirnya rasanya saya tidak meragukan wanita yang di kenal cukup cerdas itu, tetapi Obama walaupun masih muda sepertinya juga tidak semangat dengan membawa citara amerika yang lebih baik dari pada era Bush, tentunya masing-masing dari keduanya mempunyai keunikan.

348615_bali_dance2

Akan tetapi sangat disayangkan, mengapa kedua kandidat saling menyerang ketika mereka berbicara di depan publik, apakah dengan memojokan lawan politiknya masing-masing bisa menaikan dan mempengaruhi massa? Apakah warga Amerika justru tidak mempedulikan apa yang mereka isukan mengenai kelemahan lawan politiknya masing-masing? menurut hemat saya, perjalanan politik di Amerika sudah mencapai politik rasional, artinya warga Amerika tentunya cukup cerdas untuk memilih calon kandidat presiden mereka kedepan, dengan melihat sepak terjang dan visi-misi masing-masing calon. tidak perlu para kandidat memojokan satu sama lain untuk mempengaruhi massa, saya kira warga Amerika cukup cerdas untuk memilih calon presiden yang terbaik buat mereka bahkan dunia. kalau boleh membandingkan perjalanan politik di negeri kita, politik kita masih sebatas politik cultural belum sampai sampai taraf rasional,hal itu bisa di buktikan dengan melihat basis organisasi besar masyarakat yang masih kental dengan bau etnis,kelompok agama dll. Misalnya orang NU cenderung memilih PKB dari pada PAN begitu juga sebaliknya.

kita hanya berharap siapapun presiden Amerika nanti, mudah-mudahan bijaksana dan mengedepankan hati nurani dari pada kekuasaan dan ekploitasi, baik yang terpilih Hilary, Obama atau kandidat yang lain.

ROSIT

2 thoughts on “Ada Di Balik Cerita

  1. gimana to mas artikel blogmu ini ? dilihat gambarnya ajah… penuh dengan nuansa bali… eee… kok yang dibicarakan malah politik?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s