Dari Modern Sampai Ke Postmodern


Sejak lahirnya renasains di tandai pemikiran rasioanal yang meletakkan akal adalah segala-galanya untuk meraih kebahagiaan. Lahirnya Renasains di sambut dengan beberapa tokoh yang menyokongnya seperti Rene Descartes, Jonh Lock, Marceveli dan lain-lain.
Optimis pencerahan meniggikan kebebasan manusia, mereka mencurigai setiap usaha membatasi kebebasan manusia dengan otoritas dan menggantikan segala otoritas dengan rasio. Nah, seiring timbulnya Renasains mereka menjadiakan era modern ygn memperbarui tatanan baru dan konsep yang baru pula. Sehingga menciptakan berbagai perubahan meliputi ekonomi, politik, kebudayaan dan lain-lain.
Menurut Antonio Gidden modernitas di lihat dari empat institusi mendasar, pertama kapitalisme yang di tandai oleh produksi komoditi, pemilikan pribadi atas modal, tenaga kerja tanpa property dan sistem kelas. Kedua Industrialisme, tak terbatas pada tempat kerja tetapi juga mempengaruhi sederetan lingkungan lain seperti transportasi, komunikasi dan lain-lain.ketiga, kemempuan mengawasi mengacu pada pengawasan atas aktivitas warga negara individual. Keempat, Kekuatan meliteratau pengendalian atas alat-alat kekerasan.
Dengan era medernitas menjadikan menusia optimis kehidupannya akan mejadi lebih baik dari era sebelumnya, dengan adanya Industrialisasi, Penemuan teknologi baru, segala hal yang serba sistematis dll manusia menemukan sesuai apa yang di harapkan. Walaupun hal-hal tersebut menjadi acuan level atau standar kehidupan lebih baik, tetapi ada sesuatu pergeseran nilai seiring dengan kemajuan industrialisasi, teknologi baru dan terciptanya berbagai di siplin keilmuan yaitu timbulnya masalah sosial baru, seperti meningginya tingkat kriminalitas, menimbulkan kelas-kelas sosial dll
Maka, lahirlah postmodern sebagai bentuk kritik terhadap era modern, menurut analisis Toynbee era Postmodern di tandai dengan berakhirnya dominasi barat dan semakin merosotnya individualisme, kapitalisme, dan kekristenan. Ia mengatakan bahwa transisi ini terjadi ketika peradapan barat bergeser kearah irrasionalitas dan relativisme, ketika hal ini terjadi, kekuasaan berpindah dari kebudayaan barat ke nonbudaya barat dan muncullah kebudayaan pluralis yang baru. kesadaran pesmodern telah melenyapkan opti,isme “kemajuan” dari pencerahan.pos modern menumbuhkan sikap pesimisme , mereka tidak percaya dunia ini akan lebih baik. Dari lubang ozon sampai kepada kekerasan antar remaja, mereka menyaksikan permasalahan semakin besar serta tidak akan mempercayai kondsi akan lebih baik. Selain sikap pesimis, pos modern mempunyai konsep kebenaran yang berbeda dari era modern. Jika era modern kebenaran mutlak, tunggal tetapi dalam era posmodern kebenaran bisa di interpretasi siapapun, sehingga menjadikan kebenaran yang samara-samar dan tidak ada yang lebih otortitatif dibanding dengan yang lainnya.

Penolakan Terhadap Pencerahan
Era modern muncul sebagai sebuah revolusi pemikiran yang menolak pemikiran sebelumnya. Revolusi pemikiran yang meruntuhkan pencerahan mulai muncul pada abad ke-19 melalui perkembangan ilmu filsafat di eropa. Konsep medernisme masih tampak kokoh pada awal munculnya tantangan pemikiran baru terhadapnya. Pada abad 20 modern mencapai puncak perkembangannya serta berpengaruh besar terhadap kebudayaan dunia. Tetapi ,tidak lama kemusian modernisme mulai runtuh karena hadirnya sebuah pemikiran baru yang menghantamnya.
Segala konsep dari era modern di kritisi oleh posmo, misalnya modern dengan produk dari pencerahan serta munculnya di siplin keilmuan yang absolut semuanya di tolak oleh postmodern karena hal itu hanya konstruksi barat untut mendominasi negara-negara di dunia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s